Minggu, 28 Februari 2016

Kangen Kita yang dulu

Kangen Kita yang dulu

Hari ini gue ketemu cewe gue. Udah seminggu gak ketemu. Sejak dia kerja kami jadi jarang ketemu. Paling banter juga seminggu sekali. Ketemu sama dia jadi hal yang mahal banget rasanya sekarang. Tapi sebelnya, justru pas ketemu malah suka berantem. Gue juga gak ngerti. Rasanya selalu aja ada masalah. Dulu gak kaya gini. Ya, dulu sebelum LDR. Akhirnya gue ngerasain gimana pacaran jarak jauh alias LDR (T_T). Mungkin bagi sebagian orang LDR itu hal yang biasa dan mudah diatasi. Tapi bagi gue yang selalu terbiasa dekat sama dia lalu tiba-tiba LDR itu rasanya shock banget.

Gue kangen waktu dia masih kuliah dulu. Guenya ma sekarang masih kuliah. Jadi ceritanya gue pacaran sama kakak tingkat. Dulu waktu dia masih ngampus, tiap hari kami ketemu. Ya kecuali kalau dianya gak ada jadwal. Kalau gue kan ngekos dekat kampus jadi walaupun gak ada jadwal kuliah tetap bisa nyengajain ngampus cuma buat ketemu dia. Kalau sekarang kan jauh. Walaupun gue lagi kosong juga susah buat datengin dia. Lagian dianya sibuk ngantor pula dari senin sampai jumat. Akhirnya Cuma bisa ketemu weekend. Ditambah lagi katanya dia butuh waktu sama keluarganya juga, jadi dikurangin lagi sehari jatah ketemu gue. Akhirnya Cuma sehari gue bisa liat muka dia. Huhuhu. Mungkin ini inti masalah couple LDR itu, “komunikasi” yang menyebabkan masalah-masalah lain bermunculan. Jam ngantor dia tiap weekday dari jam 7.30 pagi sampe jam 5 sore. Belum lagi yang bikin sakitnya dia selalu lembur sampe sekitaran jam 7 atau 8 malem. Terus nih pas dia udah balik kosannya kan udah cape. Akhirnya sudahlah, tinggal ucapan selamat tidur. Emang ga setiap hari kaya gitu tapi tetep aja lebih seringnya kaya gitu. Akhirnya lama-kelamaan komunikasi kami berkurang. Terus muncul deh si virus yang paling menyebalkan ini, virus yang sering banget muncul walau tak diundang. Virus “curigaan”. Ni virus kalau udah muncul udah deh, seru pokoknya berantemnya. Ping-pongnya makin dapet. Serasa acting drama korea. Tapi bukan bagian selatannya yang lucu-lucu, ini ma korea utara yang perangnya pake nuklir. Ah pokoknya heboh.

Gue kangen waktu dia masih kuliah dulu. Maaf ya kata-katanya diulang lagi. Habisnya gak ada kata-kata lain yang bisa gue ungkapin selain itu. Kalimat itu yang paling ngegambarin perasaan gue akhir-akhir ini. Kalau gue lagi di kampus, makan siang sendirian (sama temen sih) tetep aja kerasa sepi. Balik sendirian (sama temen sih) tetep aja sepi. Kalau ngobrol atau becanda-becanda sendirian (gak mungkin sendiri, udah gila kali) tetep aja sepi. Biasanya makan berdua, ada yang sapuin (suapin kali). Pulang berdua, beli seblak favorit bareng (kami berdua suka seblak tapi gak suka pedes(gakpenting)). Ngobrol berdua, becanda sampe guling-guling di rumput (bodo amat) dan ngelakuin hal-hal bodoh lainnya. Gue kangen kalau datang pagi ke kampus liat dia lagi duduk depan kantor TU sambil nunggu dosen. Ngeliat wajahnya dari jauh aja bikin gue senyam-senyum sendiri. Terus mau ke toilet malah muter gpp yang penting bisa lewat depan kelas dia. Hal-hal kecil kaya gitu yang justru bikin gue kangen. Kadang hal kecil yang selalu terulang dalam hidup kita itu bukan lagi jadi hal yang sederhana, karena yang kecil-kecil itu justru yang ngisi sudut-sudut sempit dalam hati dan ngebuat jadi penuh. Ya ini sih versi lebaynya. Tapi da gimana atuh, namanya juga cinta bro. Bukan cinta kalau ga lebay. Bukan lirik lagu kalau ga lebay (artikel ilmiah kali bang).

Kesimpulannya sampai sekarang gue masih belum nemu jalan keluar atas semua pertengkaran LDR ini. Masih banyak factor yang memungkinkan dari hanya sekedar masalah “komunikasi”. Berhubungan dengan sesuatu yang lebih dalam, yang lebih mengakar, yang lebih krisis dari fondasi sebuah hubungan, seperti “kepercayaan”. Itu yang sedang gue pelajari. Apa berarti gue ga percaya? Entahlah, bisa ya bisa tidak, atau bisa sudah atau belum. Cinta kan juga mendewasa, mengikuti sang majikannya. Yang pasti, gue pikir setiap orang pernah ngerasain hal kaya gini. Ngerasain dimana kita begitu rindu akan satu keadaan yang udah nyaman banget bagi kita. Orang bilang itu comfort zone. Ya, zona nyaman yang bikin kita males buat beranjak. Yang bikin kita takut kalau harus mencium bau-bau perubahan. Padahal kita sadar bahwa keadaan itu gak akan berlangsung selamanya, tapi khayalan kita selalu pengen waktu berhenti dan diam di situ. Terus main dan laluin hari-hari sama orang-orang yang udah klop banget sama kita. Padahal masih ada masa depan yang nunggu kita. Orang-orang baru yang nungguin kita. Lingkungan baru yang menyambut kita. Seperti gue yang udah nyaman dengan kuliah gue sekarang. Gak mau lulus dan masuk alam selanjutnya alias dunia kerja. Tapi da gimana lagi atuh yah (sunda pisan euy), Life must keep going on guys.

Cinta itu kaya iman, gak akan dipercaya kalau gak diuji. Karena itu gue yakin, akan selalu datang masa-masa sulit kaya gini. Setelah gue lepas dari ujian ini, bakal banyak ujian-ujian lain yang menunggu. Namanya juga manusia, masalah itu makanan sehari-hari. Rasanya ga adil kalau gue Cuma bahagia di saat hidup gue mudah doang. Rasanya sedih juga kalau gue harus nunggu sampai masa-masa sulit selesai buat bahagia. Kalau orang bilang “life is choice”, berarti “happiness is choice” juga dong. Akhirnya, yang sekarang berusaha gue lakuin bukan sabar, tapi menikmati. Mungkin bisa nambah kosakata baru juga tentang apa itu bersyukur: “menikmati dalam sabar”. Like my friend always says, “Lakukan saja”. Kita perlu merasa lebih buruk untuk merasa lebih baik, Itulah perubahan. Itu buat gue sedikit optimis. Ini yang gue pengen dia mengerti juga. Karena bisa jadi, mungkin sebetulnya, yang gue kangenin itu bukan momen waktu dulu kuliah bareng dia, bukan momennya. Tapi kebahagiaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar